Rabu, 01 Februari 2017

Kegiatan Ekonomi dan Jenis-Jenisnya


A.  Pengertian Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi ialah kegiatan yang dilakukan oleh pelaku ekonomi (manusia) dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ekonomi ini akan terus ada sepanjang sejarah manusia. Karena pada dasarnya kebutuhan manusia memang tidak terbatas sampai ia tutup usia.


B. Jenis kegiatan ekonomi
Adapun jenis dari kegiatan ekonomi dibagi kedalam 3 (tiga) macam, dan penjelasannya di bawah ini:
1. Kegiatan produksi.
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa.
Sedangkan tujuan pihak produsen sendiri yaitu untuk mencari keuntungan atau laba dari kegiatan ini.

Contoh dari kegiatan produksi misalnya seperti: kegiatan membuat sepatu, kain atau pakaian, kue, motor, mobil dan lain sebagainya dengan tujuan untuk di pasarkan atau di jual. Atau seperti jasa yang menawarkan jasa sedot wc, pangkas rambut, perbaikan elektronik (servis), jasa tukang kebun dan lain sebagainya.





2. Kegiatan distribusi
Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).

Pelaku distribusi disebut dengan distributor atau kita sering menyebutnya penyalur, dan yang melakukan distribusi ini bisanya agen dan pedagang besar. Contoh dari pekerjaan distribusi misalnya seperti: agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan lain sebagainya.





3. Kegiatan konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu produk dan jasa yang diproduksi oleh produsen.

Tujuan konsumen dari kegiatan ini yaitu untuk memenuhi keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya.

Contoh dari kegiatan ini misalnya seperti: Kita makan di warung nasi atau warteg, membeli cemilan di warung, membeli pakaian model terbaru di toko atau pasar, membeli gadget terbaru. Atau seperti menggunakan jasa pangkas rambut, berobat ke puskesmas jika sakit, memakai jasa sedot wc, memakai jasa tukang kebun, memakai jasa servis elektronik dan lain sebagainya.



 Kegiatan dari konsumsi dapat dilakukan oleh rumah tangga keluarga, perusahaan, dan negara.

1) Konsumsi Rumah Tangga
Rumah tangga keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya. Contoh kegiatan konsumsi rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan berupa makanan, contoh lain berupa pakaian, rumah, listrik ataupun telepon.

2) Konsumsi Perusahaan
Perusahaan merupakan tempat berlangsungnya proses produksi. Contoh pada saat memproduksi barang, perusahaan memerlukan bahan baku, tenaga kerja, dan modal. Perusahaan dalam hal ini bukan hanya melakukan kegiatan produksi akan tetapi juga melakukan konsumsi ditujukan untuk menghasilkan barang atau jasa.

3) Konsumsi Negara
Kegiatan pada konsumsi negara berbeda dengan konsumsi rumah tangga keluarga dan perusahaan. Konsumsi negara bertujuan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan masyarakat. Biaya yang digunakan untuk konsumsi negara berasal dari masyarakat.

Simaklah video di bawah ini penjelasan tentang  Kegiatan Ekonomi

Video 1

 Video 2

(Berikan pendapat kalian dengan mengerjakan di kotak ‘post a comment’ di bawah ini, bagi kalian yang telah memberikan pendapat akan mendapatkan 5 point tambahan).


Pertanyaan!
Bagaimana cara manusia agar kebutuhan hidup tidak cepat habis?


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Slahkan menjawab pertanyaan di postingan ini

    BalasHapus
  2. Dengan cara hemat menggunakan kebutuhan secukupnya dan menggunakan barang subtitusi jika kebutuhan tersebut langka atau akan habis
    #NOVAL VII.M

    BalasHapus
  3. dengan cara berhemat dan tidak boros
    nama: andrianto
    kls: VII.J

    BalasHapus